Tuesday 6 October 2015

Rawat Batu Bacan Agar Cepat Menjadi Kristal

 Batu Bacan. 

Jakarta, HanTer - Banyak cara yang dilakukan pecinta batu akik dalam merawat sekaligus mempercepat proses kristal pada batu yang dimiliki. Salah satunya merawat batu Bacan Hitam agar cepat menjadi hijau kristal, dengan melalui beberapa proses sederhana.

Memang, setiap pecinta Batu Bacan memiliki cara dan trik masing-masing dalam mengolah Batu Bacan miliknya agar menjadi hijau kristal dan kinclong.
Bahkan banyak pula orang yang menggunakan bahan seperti gula, penyedap rasa (mecin), cuka dan alkohol yang tidak ada hubungannya dengan proses kristalisasi. Namun perlu diingat, tindakan yang salah pada batu bacan akan menyebabkan keindahan batu bacan menjadi rusak.
Agar tidak terjadi hal demikian, berikut cara aman merawat batu bacan agar cepat menjadi kristal dengan menggunakan teknik rendaman.
Pertama-tama, rendam bacan hitam atau yg belum hijau kristal dalam air yang sudah disiapkan selama 2-3 hari. Ini dilakukan untuk mengeluarkan mineral, minyak dan zat kimia lain yang banyak terkandung didalamnya
Setelah direndam lalu angkat dan dikeringkan dengan lap atau tissu lalu diangin-anginkan pada suhu ruangan hingga kandungan air yang terserap hilang, agar lebih yakin lakukan hal ini selama dua hari.
Batu bacan yang sudah kering di poles dengan kulit agar kandungan zat yang keluar dan menempel benar-banar hilang, untuk lebih meyakinkan ulangi terus pemolesan sampai +/-3 hari.
Lakukan pemanasan Batu Bacan, pemanasan sampai suhu max 80 derajat C. Pemanasan dapat menggunakan berbagai alat pemanas seperti: Rice Cooker, Coffee Maker, Hair Dryer, Setrika dan menjemur dibawah sinar matahari pagi.

Pemanasan ini bertujuan merubah warna batu dari hitam menjadi biru dan warnanya merata keseluruhan. Untuk mencapai hasil yang diinginkan dibutuhkan waktu dan proses berkali-kali dan cukup lama sehingga dibutuhkan kesabaran untuk melakukannya.

Bila warna batu sudah berubah menjadi biru karena proses pemanasan selanjutnya direndam dengan air dingin hingga batu bacan berubah menjadi kristal. Pada proses ini apabila dalam batu masih mengandung kapur atau bercak hitam maka kapur tersebut akan naik dan berada di permukaan sehingga diperlukan penggosokan ulang pada batu untuk menghilangkan kapur tadi dan membuat batu bersih dan kristal. Lakukan proses ini berulang-ulang sampai batu bacan benar-benar bersih dan mengkristal secara sempurna.
Sebagai catatan, cara mempercepat proses Batu Bacan menjadi kristal di atas mungkin hasilnya tidak sesuai dengan yang anda praktekkan. Hali ini bisa saja disebabkan rangkaian tahapan proses tidak dijalankan secara sempurna, misalnya masih terdapat kandungan air saat batu dipanaskan dan lain-lain yang menyebabkan batu menjadi rusak.

4 comments:

  1. apa saja jenis batu akik itu? apa semuanya bisa di kristalkan?

    ReplyDelete
  2. Thanks for the information ^^

    ReplyDelete
  3. aku punya batu akik bacan, kenapa kok gak mengkristal ya. thx gan mohon di jwb

    ReplyDelete