Wednesday 7 October 2015

Tempat Wisata Yang Menarik Di Salatiga

Kota Salatiga adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan sepenuhnya dengan Kabupaten Semarang. Salatiga terletak 49 km sebelah selatan Kota Semarang atau 52 km sebelah utara Kota Surakarta, dan berada di jalan negara yang menghubungan Semarang-Surakarta. Salatiga terdiri atas 4 kecamatan, yakni Argomulyo, Tingkir, Sidomukti, dan Sidorejo. Kota ini berada di lereng timur Gunung Merbabu, sehingga membuat kota ini berudara cukup sejuk. Mulai tahun 2014 direncanakan pemekaran wilayah di dalam kota Salatiga segera terwujud, yaitu membagi kelurahan Kutowinangun menjadi 2 wilayah sehingga menjadi kelurahan Kutowinangun Lor (utara) dan Kelurahan Kutowinangun Kidul (selatan) mengingat wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang padat serta permintaan dari warga sebagai latar belakang pemekaran wilayah dan sudah diajukan kepada pemerintah negara Republik Indonesia. Dari letak administratif yang ada menjadikan kota Salatiga menduduki peringkat luas wilayah ke-18 kotamadya terkecil di Indonesia.

Berikut Tempat Wisata Yang Menarik Di Salatiga, Guys! :*

1. Atlantic Dreamland
Tak perlu jauh-jauh pergi ke Jakarta untuk menikmati wahana bermain seperti yang terdapat di Ancol. Di kota kecil ini kamu dapat menemukan Atlantic Dreamland, tempat wisata favorit warga sekitar menghabiskan waktu bersama keluarga. Kamu bisa menikmati berbagi wahana yang ditawarkan, seperti kolam renang, waterboom, bom-bom car, roller coaster, game center, dan masih banyak lagi.
Bagi kamu yang hobi memacu adrenaline, flying fox atau menyusuri trek off-road dengan mengendarai ATV bisa kamu lakukan di sini. Dengan harga tiket yang terjangkau mulai dari Rp. 8.000 – Rp. 20.000 atau tiket terusan seharga Rp. 40.000, kamu bisa menikmati objek wisata yang telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti, masjid, tempat istirahat, dan lahan parkir yang luas ini.

2. Rawa Pening
Bila berkendara dari arah Semarang ke Salatiga, Anda akan melihat panorama gunung, sawah dan rawa di kanan jalan, sebelum perbatasan masuk kota Salatiga. Nah, itu lah Rawa Pening, yang sarat cerita rakyat.

Bagi masyarakat setempat, Rawa Pening berfungsi sebagai sumber irigasi sawah, pembangkit listrik, serta lahan bagi petani enceng gondok. Selain itu, rawa ini juga memiliki daya tarik wisata khususnya bagi penyuka wisata memancing, berperahu serta pecinta fotografi.

3. Argo Wisata Salib Putih
Kawasan argowisata ini terletak tepat di kaki Gunung Merbabu atau sekitar 4 km dari pusat kota Salatiga. Lokasi yang bisa ditempuh selama 15 menit dari kota ini terkenal karena kesejukan, keasrian, dan pemandangan indah yang ditawarkan. Dari sini, kamu bisa dengan jelas menyaksikan pemandangan Rawa Pening dan kota Salatiga yang menghampar di kejauhan, yang akan menyegarkan dan memanjakan indera penglihatanmu. Nama “Salib Putih” sendiri merupakan nama desa yang berada di sekitar tempat wisata ini.
Selain menjadi objek wisata Salatiga, tempat dengan luas area sekitar 5 hektar ini juga sering digunakan untuk pelatihan, outbond, maupun berbagai acara seminar. Bahkan, kamu dapat menjadikannya sebagai tempat dilangsungkannya pesta pernikahanmu kelak.

4. Pemandian Muncul
Biar badan kamu yang capek menjadi segar kembali, tak ada salahnya jika kamu mencoba untuk berenang di pemandian air alami Muncul yang terletak di kawasan Desa Rowobani, kecamatan Banyubiru. Sekitar 9 km dari pusat kota Salatiga. Yang membedakan pemandian yang memiliki kolam renang dengan lebar 20 x 40 m ini dengan kolam renang biasanya adalah airnya yang tak berkaporit, alias berasal dari mata air alami yang berada di dasar kolam, sehingga tak mengherankan jika airnya benar-benar mampu menyegarkan tubuh kita yang kelelahan. Kesan alaminya semakin terasa ketika ikan-ikan kecil ikut menemanimu berenang di lokasi ini.
Bagi kamu yang malas berenang, kamu bisa mengunjungi tempat pembibitan dan pemancingan ikan yang berada satu komplek dengan pemandian tersebut, jangan lupa untuk menikmati makanan khas Salatiga yang dijual di sini.

5. Kopeng
Untuk mengakhiri vakansimu ke Salatiga, tidak afdhol rasanya jika kamu melewatkan wana wisata yang satu ini. Kopeng, sebetulnya tidak termasuk ke dalam wilayah administratif kota Salatiga, tapi keberadaannya bagaikan sejoli dengan kota Salatiga, bagaikan daerah Batu di Malang. Hanya berjarak sekitar 14 km dari pusat kota Salatiga.

Di sini kamu bisa menikmati wisata alam khas pegunungan, hamparan bunga atau kebun stroberi. Berkuda juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang senang dengan hewan yang satu ini. Wana wisata yang terletak di lereng Gunung Merbabu ini merupakan lokasi ideal untuk digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga, perkemahan, outbond, dan acara rapat serta seminar institusi tertentu.

Dari sini jugalah biasanya, para wisatawan yang gemar mendaki gunung akan memulai perjalanannya menyusuri kemegahan Gunung Merbabu.

5 comments:

  1. infonya bermanfaat gan. jadi tau tempat wisata di salatiga thx gan infonya

    ReplyDelete
  2. ayokkk eksplore salatiga satu kelas bareng2 gaesss

    ReplyDelete
  3. ternyata salatiga punya banyak potensi wisata ya

    ReplyDelete