Wednesday 7 October 2015

SMAN 2 Salatiga

Berdiri sejak tahun 1983, SMA Negeri 2 Salatiga yang terletak di jalan Tegalrejo Raya No. 79 Desa Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Menempati tanah seluas 28.950 m2. Pada awal pembangunannya yaitu tahun 1984 (sebelumnya menempati Gedung SMA Negeri 1 Salatiga) wilayah ini masih sepi karena belum banyak rumah penduduk. Setelah menempati gedung sekolah sendiri walaupun baru 3 kelas, SMANDA (sebutan untuk SMA Negeri 2 Salatiga) terus mengalami perkembangan baik mengenai jumlah siswa, guru maupun prestasinya.
Kurikulum yang diberlakukan terus mengalami perkembangan dimulai dari Kurikulum 1975, dilanjutkan Kurikulum baru tahun 1994 dan berkembang menjadi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) tahun 2004, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan disempurnakan lagi menjadi Kurikulum 2013 yang berlaku sekarang.
Didukung oleh pendidik dan Tenaga Kependidikan yang kompeten dan berdedikasi tinggi SMA Negeri 2 Salatiga berhasil meraih banyak prestasi baik siswa, guru maupun Sekolah sendiri. Kerjasama yang baik dengan berbagai media baik cetak maupun elektronik serta WEB yang bisa dikunjungi oleh masyarakat menjadikan SMA Negeri 2 Salatiga banyak dikenal masyarakat luas di Kota Salatiga.
Visi

”Terwujudnya satuan pendidikan yang beriman, bertaqwa dengan  lulusan yang unggul dalam prestasi, berkarakter kebangsaan dan peduli lingkungan serta mampu bersaing di era global”.
Misi
  1. Menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien (sumber belajar yang memadai)
  2. Menyelenggarakan kerjasama dengan perguruan tinggi maupun instansi lain.
  3. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan akademik dan nonakademik sebagai wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan  potensi diri secara optimal.
  4. Menerapkan peraturan sekolah secara konsisten.
  5. Meningkatkan semangat hidup yang agamis dan mewujudkan kerukunan antar umat beragama.
  6. Melaksanakankan kegiatan ekstrakurikuler secara berkala yang dapat menumbuhkan rasa kepedulian sosial bagi para peserta didik .
  7. Menciptakan budaya sekolah yang mencintai lingkungan.
  8. Melibatkan orangtua/wali peserta didik untuk memberikan bimbingan tentang budi pekerti yang baik.
  9. Mengadakan koordinasi dan komunikasi dengan orangtua, masyarakat, instansi pemerintah maupun swasta.
  10. Melaksanakan program pengembangan diri peserta didik untuk mengenal potensi diri sehingga dapat mengembangkannya.

6 comments:

  1. itu sekolah ku jugaa, keren yaaa

    ReplyDelete
  2. pengen masuk sma 2 salatiga jadinya...

    ReplyDelete
  3. makasih kak saya jadi tau sejarah sma 2 salatiga

    ReplyDelete
  4. Thanks buat infonya dek, saya juga bisa tau tanpa harus bertanya kepada guru walapun tidak banyak tp saya juga bisa tahu. Selamat belajar ya untuk kalian semua di SMA N 2 SALATIGA berikan yang terbaik dan jadilah pribadi-pribadi yang berkarakter baik. SEMANGAT :)

    ReplyDelete